Kosmolog Stephen Hawking Pimpin Proyek Perburuan Ekstra Terrestrial

Dok.Chandra Ekajaya

Kehidupan Ekstra Terrestrial menjadi misteri dalam selama ratusan tahun yang memotivasi para ilmuwan untuk membuktikan benarnya kehidupan di luar angkasa tersebut. Memang, kehidupan mengenai Esktra Terrestrial tersebut masih mengalmi perdebatan dalam konsorsium ilmiah di tingkat dunia. Para ilmuwan begitu gethol untuk membuktikan kebenaran akan makhluk tersebut.

Baru-baru ini beredar kabar bahwa seorang Kosmolog dunia, Stephen Hawking akan memimpin sebuah proyek perburuan terkait kehidupan makhluk asing tersebut. Dalam laman BBC, proyek triliunan dan bernilai tinggi tersebut diprediksi akan berjalan selama rentang sepuluh tahun, dimana akan menjalankan misi utamanya yaitu dengan mendengarkan sinyal yang terpancar dari kumpulan bintang di langit yang lokasinya paling dekat dengan Bumi.

Tak tanggung-tanggun, ternyata proyek pencarian sang Ekstraterrestrial tersebut didukung dengan dan yang sangat besar yaitu senilai US$100 juta atau setara dengan Rp 1,3 triliun dan diluncurkan oleh Breakthrough Initiatives di Londong, Inggris.

Dok.Chandra Ekajaya

Proyek tersebut akan menggunakan berbagai teknologi termutakhir yaitu dengan teleksop paling kuat di dunia, yaitu Green Bank Teleskop yang kini berad di Amerika Serikat serta Parkes Teleskop yang kini berada di Australia. Sang Kosmolog, Stephen Hawking menceritakan bahwa alam semesta mempunya sebuah kehidupan masing-masing.

Kosmolog Stephen Hawking juga menyatakan  bahwa penelitian untuk perburuan Ekstra Terrestrial ini akan dinilai sebagai sebuah pencarian ilmiah terbesar yang pernah ia kerjakan. Bahkan, proyek tersebut dapat  meliputi cakupan langit sepuluh kali lebih luas dari proyek yang lalu, dimana ia pimpin dan dapat memindai lima kali lebih banyak spektrum radio dengan kecepatan seratus kali lipat.

Stephen Hawking juga menjelaskan bahwa ia yakin penelitian ini merupakan suatu pembaruan saintik yang paling berpengaruh bagi umat manusia agar dapat `padu` dengan makhluk luar angkasa yang sampai kini masih menjadi misteri alam semesta.

“Hal yang harus dilakukan untuk mengerti alam semesta, Anda harus tahu mengenai atom, kekuatan yang mengikat mereka, kontur ruang dan waktu, kelahiran serta kematian bintang, alur hidup galaksi, dan bahkan rahasia lubang hitam,” tuturnya.

Penulis: Chandra Ekajaya

Editor  : Chandra Ekajaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *