Yohanes Chandra Ekajaya Budidaya Ikan Nila Menggiurkan Modal Kecil Untung Besar

J Chandra Ekajaya & J Wijanarko pengusaha ikan nika sukses

Berawal dari hobinya memancing, Yohanes Chandra Ekajaya memulai awal budidaya ikan nila nya denga 5 petak kolam. Budidayanya berada di kawasan Lembang, Bandung, kawasan ini dipilih karena wilayahnya di rasa cocok dengan pertumbuhan ikan nila.

Bisnisnya ini dimulai pada tahun 2009 lalu, usahanya membudidayakan ikan nila dengan memanfaatkan tambak atau kolam yang tadinya di gunakan untuk budidaya ikan mas. Memilih ikan nila karena dirasa perkembangan nya lebih cepat dari pada ikan mas, dan permintaan pasaran sangat tinggi untuk ikan ini dan akhirnya memutuskan untuk semakin giat menggeluti bisnis budidaya ikan nila.

Bisnisnya ini tidak sendiri, Yohanes Chandra Ekajaya menggandeng kelompok budidaya ikan setempat. Awal mulanya untuk membuka usaha ini, Yohanes Chandra Ekajaya membuka bisninsya dengan modal 1juta rupiah untuk membeli benih 5rb ikan nila dan pakan. Dari hasil awalnya ini saat panen Yohanes Chandra Ekajaya mampu memanen 6-8 kuintal dengan harga saat itu 12 ribu rupiah/kg, dengan dikurangi modal awal yang digunakan saat awal, dia mampu mengantongi keuntungan sebesar 8rb rupiah bersih.

pengusaha yohanes chandra ekajaya raup untung jutaan rupiah dari ikan nila

Melihat hasilnya yang lumayan memuaskan, kemudian Yohanes Chandra Ekajaya kembali menebar benih 15 ribu ekor ke sebidang petak kolam. Dengan asumsi menebar 5 ribu saja dapat banyak, mungkin dengan menebar 15 ribu. Untuk pemanenanya, ikan nila membutuhkan waktu 4-5 bulan dari benih yang tadinya hanya beratnya 100-200gram/ekor menjadi 300gram/ekor.

Untuk pemasaranya saja, ikan nila memang sangat tinggi dipasaran. Hal ini dikarenakan ikan ini memang menjadi ikan konsumsi sehari-hari masyarakat Indonesia. Ikan nila di distribusikan di super market, pasar atau menjual langsung di tempat pelelangan ikan. Untuk ikan nila yang dijual di super market harus memiliki standard yang tinggi dan sudah di sesuaikan baik ukuran dan bobotnya.

Yohanes Chandra Ekajaya kini rutin memasarkan produknya ke berbagai wilayah di Indonesia. Tak hanya itu, untuk semakin meningkatkan kualitas ikan nila yang dibudidayakan. Yohanes Chandra Ekajaya bersama kelompok budidaya ikan sekitar rutin melakukan pertemuan mingguan untuk mebahas mengenai perkembangan budidaya ikan, strategi pemasaran serta keluhan-keluhan yang terjadi di lapangan. Dan juga mengadakan pertmuan rutin dengan dinas perikanan dan kelautan agar semakin mengerti tentang bagaimana budidaya ikan nila yang baik,benar dan tentunya menguntungkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *