Yohanes Chandra Ekajaya Membuat Kolam Ikan Dengan Modal Kecil

kolam ikan yohanes chandra ekajaya

Hobi memelihara ikan merupakan hobi yang menyenangkan, apalagi jika mempunyai tempat yang luas dan indah. Selain di aquarium ada beberapa tempat yang enak untuk memelihara dan memandang ikan hias kita, yaitu di kolam.

Kali ini Yohanes Chandra Ekajaya akan berbagi sedikit tips membuat kolam ikan sendiri dengan sangat sederhana. Masih berfikir dengan biaya pembuatannya yang mahal, kurang tau bagaimana caranya, dan apa semua bahan yang harus di sediain. Tak perlu pusing! Dengan lahan di depan rumah yang sempit, sobat bisa menumpuk batu bata menjadi kolam ikan Minimalis sederhana. Mau Tau Caranya ? Baca berikut.

Beberapa bahan yang harus sobat sedian antara lain:

  1. Sisa Batu Bata
  2. Plastik
  3. Semen dan pasir kalau ada

Dengan lahan yang sudah tersedia, sobat bisa langsung menggalinya sendiri baik berbentuk persegi, segitiga, persegi panjang untuk menghemat biaya. Setelah dirasa cukup agak dalam, plastik yang sudah tersedia tadi bisa taruh di dalam galian tersebut. Kemudian dengan sisa bata tadi, langsung saja taruh di samping atas lubang galian ini.

Untuk semen dan pasirnya, sobat bisa memakai untuk membuat dinding bagian dalam lubang tersebut, ini hanya untuk cara membuat kolam ikan dari beton. Fungsi plastik tadi untuk meminimalisir keretakan dinding dan dasaran kolam. Jika pengen lebih indah dan cantik, bisa sobat kasih tumbuhan air seperti, eceng gondok dan lainnya.

Jangan lupa lagi, pada samping tumpukan bata yang sudah jadi tadi, bisa sobat kasih jenis tanaman hias atau Aquascape. Yang lebih bermanfaat lagi jika ada tanaman seperti buah-buahan pot kecil. Ini merupakan hal yang banyak di manfaatkan oleh para pembisnis kata Pengusaha Yohanes Chandra Ekajaya.

pengusaha J Chandra Ekajaya & J Wijanarko tambah kolam ikan

Jika memang tak ada semen dan pasir, sobat bisa menumpuk batu bata tersebut dengan serapi mungkin, usahakan dengan rapat antara satu sama lain tak ada celah yang bocor sedikit saja.

Cara membuat kolam ikan agar tidak bocor, plastik yang baik dan berkualitas bagus biasanya bermerek Trash Bag atau plastik ikan (Packing Fish) yang warnanya bening, dan pada umumnya juga jenis plastik ini sudah digunakan para pengusaha ikan. Untuk mendapatkan plastik tersebut, sobat bisa dapatkan pada toko perikanan yang agak besar atau toko lainnya terdekat kota sobat, banyak tersedia.

Pemilihan jenis plastik ini disesuaikan dengan dengan jenis ikan yang ingin anda pelihara. Untuk ikan jenis Aligator atau hewan karnivora lebih baik Anda menggunakan plastik yang lebih tahan dari sobekan sehingga kolam tidak bocor.

Langkah terakhirnya sobat bisa langsung memasukkan jenis ikan air tawar yag sudah sobat sediakan untuk dipelihara ke dalam kolam, jangan lupa untuk ngasih air bersih yang secukupnya. Untuk menambah keindahan serta kecantikan kolam dan ikan, sobat bisa menambahkan jenis tanaman hias airĀ  seperti Teratai dan Eceng Gondok.

tu tadi beberapa tips dari Yohanes Chandra Ekajaya, untuk membuat koalm ikan sederhana namun tetap terlihat indah dengan biaya yang sangat minim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *