Yohanes Chandra Ekajaya Peluang Penuh Usaha Ayam Jawa Super

Dok. Yohanes Chandra Ekajaya

Yohanes Chandra Ekajaya merupakan seorang pengusaha muda dari Kota Malang Jawa Timur. Pria yang lahir 30 tahun lalu ini merupakan salah satu orang yang dapat berhasil menjalankan usaha peternakan ayam. Ayam yang dibudidayakan bukanlah ayam jawa biasa melainkan dari jenis ayam jawa super, yang mempunyai kualitas daging hampir sama dengan ayam jawa atau biasa disebut ayam kampung akan tetapi lebih cepat dalam proses pembesarannya.

Usaha budidaya ayam jawa supernya ini sudah dimulai oleh Yohanes Chandra Ekajaya sekitar lima tahun yang lalu. Awal mula usaha yang dilakoni Yohanes Chandra Ekajaya bukanlah beternak ayam jawa super melainkan ayam kampung biasa. Saat dirasa bahwa proses panen ayam kampung yang agak lama yaitu memakan waktu sekitar 3 bulan maka ia seringkali kesulitan dalam memenuhi pasar yang membutuhkan hewan konsumsi hasil budidaya nya ini.

Dok. Yohanes Chandra Ekajaya

Dari gambar diagram diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa peluang keberhasilan dalam beternak ayam jawa super lebih besar daripada jenis ayam konsumsi lain yang umum dibudidayakan. Banyak hal yang mempengaruhi proses keberhasilan budidaya ayam jawa super ini. Cara budidaya yang berbeda dengan peternak yang lain menjadi daya tarik tersendiri dari tempat budidaya ayam jawa super milik Yohanes Chandra Ekajaya, yaitu sistem Box untuk DOC umur 1 hingga umur 20 hari. Saat umur 21 hari ayam dibesarkan pada kandang panggung ukuran 80 x 200 cm dengan populasi 40 ekor. Sarana lain yang sangat penting yaitu pemakaian Suplemen Ternak Organik yang mengandung asam-asam amino, mineral organik, dan probiotik.

Kandang yang dibuat efisien tempat dan praktis dengan konsep mengurangi ruang gerak ayam, serta suplemen yang murah menjadi andalan bagi Yohanes Chandra Ekajaya untuk terus berkiprah di dunia perunggasan untuk turut menyediakan protein hewani bagi warga Malang. Cara aplikasi suplemen yaitu 0,5 – 1,5 tutup untuk 100 ekor ayam perhari. Satu tutup suplemen (10 cc) ditambahkan air beberapa gelas kemudian di tuangkan per gelas ke piringan galon minuman ayam, atau dicampurkan ke pakan agar sedikit basah untuk dikonsumsi ayam.

Pekarangan di belakang rumah yang berukuran kurang lebih 15 x 10 meter itu disulapnya sejak 5 tahun lalu untuk menampung sekitar 1400 ekor ayam per periode dengan pemberian pakan intensif. Bisnis yang menggiurkan karena dalam waktu 2 bulan sudah meraup hasil. Sebagai acuan budidaya ayam jawa super selama 60 hari: Per ekor membutuhkan 2 kg pakan, vaksin 2 kali , dan biaya suplemen organik Rp 400/ekor, diluar harga DOC.

Usaha budidaya ayam jawa super ini sangat terasa keuntungannya ketika menjelang hari raya dan tahun baru. Jumlah pesanan atau orderan yang didapatkan oleh Yohanes Chandra Ekajaya bisa mencapai 3 sampai 5 kali lipat dari biasanya. Untuk masalah ilmu budidaya, Yohanes Chandra Ekajaya bukanlah orang yang pelit dalam membagi ilmunya. Banyak para pembudidaya dan mahasiswa peternakan yang belajar ke tempatnya demi mendapat kunci sukses dalam usaha budidaya ayam jawa super ini. Karena peluangnya yang sangat besar jadi tunggu apalagi, bisa kalian mulai usaha ayam jawa super ini mulai sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *